Kamis, 03 Januari 2019

Pengantar

Program studi Pendidikan Sains merupakan salah satu prodi yang ada di STKIP PGRI Nganjuk. Program studi Pendidikan Sains berdiri dengan SK Kemenristek Dikti No. 166/M/KPIV/2015. Beralamat di Jalan Abdul Rahman Saleh No.21 Nganjuk, Jawa Timur. Mengusung visi menjadikan prodi yang unggul dalam pengembangan Pendidikan IPA untuk menghasilkan lulusan yang terampil
dalam mendidik, profesional, dan berkarakter pada Tahun 2025. 
Program studi Pendidikan Sains merupakan satu-satunya prodi dalam bidang keilmuan IPA di lingkup Kabupaten Nganjuk. Berdiri tahun 2015, tentu saja prodi ini juga bisa disebut prodi termuda di STKIP PGRI Nganjuk. Namun demikian, bukan berarti prodi ini tanpa prestasi. Tahun 2018, prodi ini mendapatkan Hibah Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) dari Direktur Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan sebesar 750 juta. Hibah tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena melalui serangkaian seleksi yang sangat ketat yang diikuti seluruh perguruan tinggi swasta se-Jawa Timur. Sebagai bentuk aplikasinya, uang tersebut dimanfaatkan untuk pengadaan peralatan laboratorium diantaranya mechanics experiments dengan 89 jenis percobaan, berbagai jenis sensor, Autoclave, Incubator, Lemari Asam, Mikroskop Binokuler, berbagai alat pengukuran dasar lainnya. Selain itu juga dimanfaatkan untuk upgrade peralatan laboratorium Microteaching yang dilengkapi dengan rotary zoom camera, fix camera, panel control, dan lainnya. 
Dalam bidang pendidikan, mata kuliah yang wajib ditempuh sebesar 149 sks dengan rincian 137 mata kuliah wajib dan 12 mata kuliah pilihan. Didukung dengan dosen bergelar minimal Magister lulusan Universitas Negeri ternama di Indonesia. Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, prodi Pendidikan Sains terbilang aktif. Bahkan ada 3 proposal yang lolos didanai oleh Kemenristek Dikti senilai 60 juta untuk mendukung penelitian. Artikel ilmiah dosen juga telah terbit dalam berbagai jurnal Nasional bahkan terindeks Scopus. Kerjasama juga sudah terjalin dengan berbagai Univeritas baik negeri dan swasta di Indonesia, dinas pendidikan, balai latihan kerja, bahkan himpunan pengusaha. Dalam bidang kemahasiswaan, banyak juga prestasi yang telah diraih. Seperti lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan berhasil didanai oleh Kemenristekdikti. Selain itu, banyak organisasi yang dapat diikuti untuk meningkatkan skill. Diantaranya adalah Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains (HMPS), Koperasi Mahasiswa, Senat Mahasiswa, Karawitan, UKM Futsal, UKM Mapala, UKM Music, dan masih banyak lagi.
Dari segi biaya, berkuliah di prodi Pendidikan Sains cukup terjangkau. Bahkan banyak beasiswa seperti beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), dan beasiswa institusi.
Disqus Comments